Tantangan di era globalisasi dan pasar yang kompetitif menuntut daya tahan dan daya saing sebuah kelompok, komunitas, organisasi dan negara dalam bentuk pengembangan sumber daya manusia sebagai “intelectual asset” menjadi salah satu faktor yang penting dalam mendukung produktivitas dan keunggulan kompetititf perusahaan. Guna bersaing dalam Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) diperlukan peningkatkan kompetensi baik dari sisi sumber daya manusia (SDM) maupun organisasi.
Program sertifikasi kompetensi merupakan upaya pengembangan sumber daya manusia (SDM) untuk meningkatkan produktivitas dan daya saing tenaga kerja Indonesia, baik untuk skala domestik maupun internasional.
Sertifikasi profesi adalah suatu penetapan yang diberikan oleh suatu organisasi profesional terhadap seseorang untuk menunjukkan bahwa orang tersebut mampu untuk melakukan suatu pekerjaan atau tugas spesifik.
Salah satu masalah dalam mengembangkan usaha jasa pariwisata kita adalah belum cukup tersedianya tenaga kerja yang profesional, cakap, terampil, berpengetahuan serta memiliki sikap (attitude) yang baik. Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) dibentuk untuk menjamin mutu kompetensi dan pengakuan tenaga kerja melalui sertifikasi kompetensi, BNSP memberikan lisensi kepada Lembaga Sertifikasi Profesi Wisata Hasanah Indonesia (LSP-WHI) untuk melaksanakan sertifikasi kompetensi bidang Pariwisata.
Lembaga Sertifikasi Profesi Wisata Hasanah Indonesia merupakan Lembaga Sertifikasi Profesi yang melaksanakan pengembangan standar sertifikasi kompetensi pada suatu bidang profesi dan memiliki tanggung jawab teknis dan administratif atas implementasi, pembinaan dan pengembangan standar kompetensi profesi tenaga kerja di bidangnya.
TARGET LSP WISATA HASANAH INDONESIA
LSP Wisata Hasanah Indonesia menjadi terdepan dibidang sertifikasi Pemandu Wisata Halal (Tour Leader), Tour Guide, Receptionist, dan M.I.C.E (Meeting, Incentive, Convention, Exhibition) yang berkelanjutan dengan cara :
- Mengembangkan SKKNI (Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia) secara terus menerus sesuai kebutuhan industri pariwisata.
- Menyelenggarakan sertifikasi yang meningkatkan efektifitas kerja secara berkelanjutan
- Membangun kelembagaan LSP Wisata Hasanah Indonesia yang dapat diakui oleh Nasional dan Internasional.
V I S I
Menjadi Lembaga Sertifikasi Pariwisata yang Unggul, Terdepan, dan Terpercaya dalam menjamin kompetensi tenaga kerja di bidang pariwisata daya saing ditingkat Nasional dan Internasional.
M I S I
- Menerapkan seluruh pedoman BNSP secara menyeluruh dan konsisten.
- Mengembangkan Skema Sertifikasi sesuai kebutuhan.
- Memberdayakan Tempat Uji Kompetensi (TUK)
- Menyiapkan Asesor yang kompeten sesuai dengan skema.
- Mensosialisasikan pentingnya sertifikasi kepada masyarakat yang membutuhkan.
- Membangun hubungan kerjasama yang konstruktif di bidang ParIwisata.
- Menjalin hubungan dengan stakeholder terkait.
- Membangun sistem sertifikasi kompetensi yg profesional.
- Mempersiapkan Tenaga Pariwisata Indonesia yang kompeten